Kredit Online Gadget, Pilih Pakai Kredivo atau Indodana?

https://lh6.googleusercontent.com/qZmxwgb4-Rdmi1Y0AGe89A2Fjyr7r9AT7RwIx6IsaamksGwQ2yalovJJch6iuUG_-3kbjUe1YBtoRbSvbl9lHqDD-40ivB6SbgA0WSnq8MD76aNJ8wIOHcosEMOSfDrH7NvisDyE

Kredivo dan Indodana adalah dua dari sekian banyak aplikasi kredit online yang sudah terdaftar di OJK yang bisa dipakai buat kredit berbagai barang. Salah satunya adalah gadget, mulai dari laptop, HP, sampai kamera, yang paling banyak dibeli orang dengan cara kredit karena harganya yang mahal. 

Apalagi di masa pandemi, gadget sangat dibutuhkan buat kerja atau anak-anak sekolah yang harus belajar dari rumah. Dengan adanya kredit online, kini lebih banyak orang bisa dengan mudah melakukan kredit tanpa perlu punya kartu kredit dulu. Lewat fintech seperti Kredivo dan Indodana inilah caranya. 

Ngomongin soal kredit, pastinya belum lengkap kalau kita belum bandingkan antara layanan yang satu dengan layanan yang lain. Daripada menyesal pasca kredit karena ternyata ada yang punya bunga lebih rendah, kan?

Sebagai fintech unggulan, antara Kredivo dan Indodana, mana sih yang paling mantap buat kredit online? Yuk kita ulik satu per satu bedanya. 

Syarat Kredit di Kredivo vs Indodana

Sama-sama berbasis online dan menggunakan platform aplikasi, kamu yang pengguna Android maupun iOS dapat mengunduh aplikasi Kredivo atau Indodana masing-masing di Google Play Store dan App Store. Tapi sebelumnya, kamu harus memenuhi kriteria atau persyaratan yang diberikan Kredivo atau Indodana dulu. 

Di Kredivo, syarat pendaftarannya ada empat: 

  1. Merupakan WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 
  4. Memiliki NPWP dan akun e-commerce yang ada riwayat transaksinya (jika pilih daftar akun Premium). 

Di Indodana, syarat pendaftarannya ada lima: 

  1. WNI berusia 17-55 tahun. 
  2. Telah bekerja minimal 3 bulan.
  3. Memiliki penghasilan tetap minimal sebesar Rp 3,5 juta.
  4. Memiliki KTP.
  5. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Banten (Serang dan Cilegon), beberapa kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Di satu sisi, syarat minimum penghasilan Kredivo lebih rendah dibanding Indodana. Tapi, jangkauan layanan/wilayah Indodana lebih banyak dan luas dibanding Kredivo. Dari sini, kalian bisa menyesuaikan nih mau daftar yang mana. Misalnya, kalau kalian berdomisili di Bandung, maka kalian bisa daftar Kredivo ataupun Indodana. Buat kalian yang berdomisili di Sulawesi, pilihan yang tersedia hanya Indodana karena Sulawesi belum masuk jangkauan Kredivo.  

Limit Kredit Kredivo vs Indodana

Kredivo bisa memberikan limit kredit maksimal sampai Rp 30 juta bagi akun Premium. Sementara Indodana, limitnya maksimal s.d Rp 25 juta buat cicilan. Untuk mendapatkan limit ini, kita harus daftar dulu lewat aplikasi masing-masing, lalu tunggu persetujuan & approval. 

Kalau limit sudah didapat, maka kredit baru bisa dilakukan. Buat kredit dengan tenor 3/6/12 bulan Kredivo menerapkan syarat minimum pembelanjaan sebesar Rp 1 juta ke atas. Sementara itu di Indodana, tidak ditemukan informasi yang jelas mengenai berapa besaran minimum transaksi yang harus dilakukan untuk bisa cicilan. 

Suku Bunga Kredit Gadget di Kredivo vs Indodana

Kredivo punya suku bunga 2,6% per bulan buat cicilan dengan pilihan tenor 3/6/12 bulan tanpa uang muka. Baik untuk gadget atau barang apa pun di e-commerce. Sedangkan Indodana, punya suku bunga yang berkisar mulai 4% sampai 6% untuk pinjaman. Sementara bunga cicilan barang tidak diinformasikan secara detail pada situsnya maupun aplikasinya. 

Daftar E-Commerce dan Merchant Mitra Kredivo vs Indodana

Bukalapak, Lazada, Bhinneka, Tokopedia, Blibli, Erafone, Electronic City, dan Xiaomi Store adalah beberapa contoh dari e-commerce dan merchant populer yang telah menjadi partner Kredivo dalam hal kredit online tanpa kartu kredit. 

Bukan cuma itu, masih ada 350 merchant lainnya yang juga sudah bermitra dengan Kredivo. Menurut saya, salah satu keunggulan Kredivo adalah mitra merchantnya ini yang sangat banyak. Plus menariknya lagi, kalian juga bisa menghitung simulasi cicilan secara mandiri lewat aplikasi kalkulator cicilan di aplikasi Kredivo. 

Misalnya, kalian punya wishlist gadget yang mau dibeli. Cari dan lakukan riset harga di e-commerce rekanan Kredivo lalu masukkan harga tersebut dalam kalkulator cicilan untuk melihat simulasi sesuai tenor. Selain lewat kalkulator, hampir semua e-commerce yang bermitra dengan Kredivo juga akan menampilkan info perihal simulasi tersebut. Yang perlu kalian lakukan hanya tinggal klik info pembayaran dengan Kredivo di laman e-commerce terkait. 

Serupa dengan Kredivo, Indodana juga menggandeng beberapa e-commerce dan merchant populer seperti Elevenia, Hartono, Arjuna Elektronik, dan Polytron. Tapi, saat ini, jumlah merchant dari Indodana masih terbatas atau belum sebanyak yang dimiliki Kredivo. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *