Pulau

Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara yang Indah

Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara

Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara yang Indah

Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara-  pulau komodo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo beserta Pulau Rinca, Pulau Motang, Pulau Padar, dan masih banyak pulau kecil lainnya di Kepulauan Nusa Tenggara. pulau ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara merupakan habitat asli binatang komodo, yaitu sejenis kadal raksasa pemakan daging. UNESCO menetapkan Pulau Komodo dan beberapa pulau lainnya di kawasan Taman Nasional Komodo sebagai situs warisan dunia pada tahun 1986, hal ini dikarenakan keberadaan komodo hanya bisa ditemui di kawasan ini.

 Selain itu, pulau Komodo juga berhasil meraih penghargaan New Seven Wondersof Nature yaitu sebuah penghargaan yang dianugrahkan untuk 7 tempat wisata alam terbaik di dunia. pulau Komodo berhasil mendapatkan voting tertinggi beserta enam tempat wisata terbaik di dunia lainnya yaitu Air Terjun Iguazu, Hutan Amazon, Teluk Halong, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, Pulau Jeju dan juga Table Mountain.

Nah, dari tadi kan sudah membahas tentang pulau komodo nih, lalu binatang seperti apakah komodo itu? Komodo yaitu binatang reptile seperti kadal raksasa pemakan daging yang ukuran panjangnya kira-kira bisa mencapai 2 hingga 3 meter dan beranya bisa mencapai 100 hingga 165 kg. Warga setempat menyebut Komodo dengan nama Ora, sedangkan nama ilmiahnya yaitu Varanus Komodoensis.

Komodo memang salah satu binatang yang cukup menyeramkan. Badannya yang besar dilapisi dengan kulit yang bersisik, kuku yang tajam dan memiliki lidah bercabang dua yang selalu menjulur. Adapun mangsa utama dari binatang komodo yaitu babi, kuda, rusa, musang, kerbau dan beruk. Nah, karena komodo ini merupakan binatang yang menyeramkan, jadi ketika anda berukunjung kesana silahkan perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Jangan membuat gerakan tiba-tiba atau suara gaduh saat trekking. Karena komodo sangat peka dengan gerakan dan suara.
  • Untuk wanita yang sedang menstruasi diharuskan untuk melapor supaya ranger dapat memberi perhatian lebih. Hal ini dikarenakan komodo dapat mencium bau darah dari jarak ratusan meter.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Pulau Komodo di Kepulauan Nusa Tenggara. Semoga bermanfaat.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *