Gunung

Pesona Keindahan Gunung Bromo

Gunung Bromo

Pesona Keindahan Gunung Bromo

Gunung Bromo cukup terkenal dengan lautan pasir atau yang biasa disebut kaldera  dan juga kawah yang cukup eksotis, serta pemandangan matahari terbit Bromo Sunrise Tour yang sangat indah. Kawasan Wisata Bromo berada pada ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut, dan di apit oleh setidaknya empat kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang dan Lumajang.

Gunung Bromo memiliki empat pintu masuk untuk mencapai kawasan wisatanya yaitu Desa Cemorolawang  – Probolinggo, Desa Wonokitri – Pasuruan, Desa Ngadas Tumpang  – Malang, dan Desa Burno – Lumajang. Kawasan wisata ini juga telah di dukung dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai seperti penginapan, hotel, homestay dan transportasi yang mudah di temukan untuk mengunjungi Gunung Bromo ini.

Lautan pasir gunung Bromo bisa dibilang cukup luas, dengan luas sekitar 10 kilometer persegi mengelilingi kawah Bromo yang mengeluarkan asap putih. Dari puncak gunung Penanjakan wisatawan juga dapat menikmati sunrise (matahari terbit) dan juga hamparan lautan pasir yang cukup luas dan juga pemandangan latar belakang yang sangat indah yakni gunung Semeru, gunung Bromo dan Gunung Batok.

Baca Juga Keindahan Taman Laut di Bunaken

Nah, untuk dapat sampai puncak Penanjakan biasanya para pengunjung menggunakan kendaraan mobil Jeep, namun tak sedikit yang nekat mendaki dengan berjalan kaki yang dimana medannya cukup sulit. Setelah kita sampai di puncak penanjakan rasa lelah akan terbayarkan dengan pemandangan sunrise yang cukup menakjubkan saat matahari mulai menampakkan sinarnya dari ufuk timur.

Dengan ditemani kopi atau teh hangat, dan juga makanan ringan yang di jual di sekitar puncak penanjakan, serta menikmati indahnya pemandangan sunrise di puncak penanjakan membuat kita seakan terhipnotis dengan keindahan alamnya. Setelah puas menikmati Bromo Sunrise, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju kaki gunung bromo.

Perjalanan menuju kaki gunung bromo ditempuh sekitar 1 jam dari puncak Penanjakan dengan mengendarai Jeep. Setelah sampai di kaki gunung bromo, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan sekitar 2 km, bisa sewa jeep di bromo ataupun dengan berjalan kaki dan dilanjutkan menapaki anak tangga yang jumlahnya sekitar 250. Setelah sampai di puncak Bromo, pengunjung dapat menyaksikan kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap putih tebal yang sungguh fenomenal karena merupakan kejadian langka yang ada di Indonesia. itulah sedikit cerita tentang keindahan Gunung Bromo.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *