Wisata

Menikmati Kawah Putih di Bandung

Kawah Putih di Bandung (anekatempatwisata.com)

Menikmati Kawah Putih di Bandung

Kawah Putih di Bandung merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Pada awalnya tempat ini adalah sebuah tempat yang angker bagi penduduk sekitar. Hal ini dikarenakan beberapa mitos dan cerita yang beredar di masyarakat yang mengatakan bahwa tempat ini tidak boleh didekati karena cukup angker dan berbahaya. Bahkan burung pun sering mati ketika terbang melewati tempat ini.

Kawah Putih di Bandung – Nah, cerita rakyat itulah yang kemudian memancing rasa penasaran Dr. Franz Wilhelm Junghuhn untuk mengeksplorasi dan mencari tahu penyebab banyak burung yang mati ketika melintasi tempat tersebut. Lalu pada tahun 1837, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn meneliti puncak Gunung Patuha dan kemudian menemukan lokasi ini. Sejak itulah masyarakat mulai sadar bahwa penyebab matinya burung yang lewat di atas tempat itu karena bau belerang yang cukup menyengat.

Selanjutnya pada tahun 1987, pemerintah daerah Bandung mulai mengembangkan kawasan ini sebagai objek wisata yang dapatdikunjungi para wisatawan untuk menikmati pemandangan alamnya yang indah. sampai saat ini tempat ini masih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Yang menjadi salah satu favorit wisatawan di Bandung adalah keindahan kawahnya yang berpadu dengan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Di tempat ini wisatawan akan menemukan tanah lapang yang berwarna putih yang merupakan hasil percampuran antara belerang dan tanah.

Baca Juga Keunikan Tana Toraja

Selain itu, wisatawan juga akan menemukan air yang berwarna jernih kehijauan dan sesekali berubah warna. Perubahan tersebut diakibatkan oleh aktivitas yang terjadi di dasar danau yang berada pada ketinggian 2900 meter di atas permukaan laut. Sepertinya sebuah pantai, danau ini juga terdapat pesisir yang bersih dan indah. Di sekeliling danau wisatawan dapat menyaksikan bukit-bukit hijau yang ditumbuhi pohon-pohon yang rindang.

“Bagi  para pengunjung terutama yang berada di pusat kawah, harap segera naik apabila merasa pusing atau telah melebih 15 menit di kawasan kawah.” Seperti itulah kira-kira inti pesan suara perempuan yang keluar dari pengeras suara yang dimana sebagai pengelola kawasan wisata Kawah Putih di Bandung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *