Laut

4 Hal Yang Perlu Diketahui Terkait Tiket Mudik Lebaran Tahun 2019

 

PT KAI (Persero) menjelang mudik lebaran 2019 telah membuka pelayanan pemesanan tiket sejak Senin tanggal 25 Februari 2019. Layanan pemesanan tiket sudah bisa dilakukan sejak H-90 sebelum lebaran, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi tingginya animo para calon penumpang pada saat memasuki musim mudik lebaran 2019. Lalu apa saja yang perlu diketahui terkait tiket mudik lebaran tahun 2019 ini?

Berikut 4 hal yang perlu diketahui terkait tiket mudik lebaran tahun 2019 diantaranya yaitu :

  • Ketersediaan Kereta Dan Tempat Duduk

Untuk angkutan lebaran 2019 ini PT KAI (Persero) telah menyiapkan kereta api regular sebanyak 356 buah dan kereta api tambahan sebanyak 50 buah. Dari 356 kereta api regular tersebut telah disediakannya tempat duduk yang bisa dipesan sebanyak 247.010, dan bisa dipesan sejak tanggal 25 Februari 2019. Nantinya didalam setiap harinya KAI akan menyediakan tempat duduk sebanyak 247.010 untuk jarak jauh dan telah terjadinya kenaikan sebesar 5 % KA lokal ditahun 2019 ini jika dibandingkan dari tahun yang sebelumnya yaitu hanya sekitar 236.210.

Sedangkan untuk 50 kereta api tambahannya akan terdiri dari beberapa kelas seperti 27 KA kelas eksekutif dan bisni, 11 KA non public server obligation (PSO) atau kelas non komersil, 4 KA kelas ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle. Rangkaian idle ini sendiri adalah rangkaian KA yang memiliki waktu tunggu pemberangkatan kembali yang cukup lama.

  • Tambah Kapasitas Server

PT KAI untuk mengantisipasi lonjakan pemesanan tiket mudik lebaran tahun 2019 akan menambah kapasitas bandwidth server aplikasi KAI Access. Direktur Utama PT KAI yaitu Edi Sukmoro mengatakan meningkatkan sebesar 2 kali lipat untuk menjadi 400 Megabytes. Yang menyebabkan adanya penambahan kapasitas bandwidth ini adalah karena menilik tahun yang kemarin, sempat downnya server KAI Acces karena banyaknya calon penumpang yang mengakses aplikasi ini. Selain itu juga PT KAI ini akan melakukan antisipasi pada saat rush hour atau calon penumpang yang bisa membeli secara online.

  • Channel Resmi Pembelian Tiket

Jika calon pemudik tidak ingin kehabisan tiket mudik maka bisa mendapatkannya dibeberapa saluran baik offline ataupun online. Jika akan melakukan pemesanan secara offline maka calon penumpang bisa langsung membelinya di loket stasiun, vending machine, dan minimarket. Tetapi jika akan memesannya secara online maka bisa dilakukan melalui situsweb resmi seperti Misteraladin.com. PT KAI (Persero) juga menyarankan masyarakat untuk membeli tiket lebaran disaluran resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI, tujuan ini adalah bertujuan supaya terhindar dari penipuan ataupun dari biaya jasa yang tidak wajar.

  • Batasan Bagi

PT KAI pada mudik lebaran tahun 2019 ini akan menerapkan batasan muatan demi menciptakan kenyamanan penumpang kereta api. PT KAI untuk muatan bagasinya telah menerapkan sebuah aturan jika setiap penumpang hanya diperbolehkan untuk membawa muatan maksimal sebesar 20 Kg atau dengan volume maksimum sebesar 100 desimeter kubik (dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm). Barang yang dibawa paling banyaknya maksimal terdiri dari 4 koli atau item bagasi.

Itulah 4 hal yang perlu diketahui terkait tiket mudik lebaran tahun 2019. Pastikan jika kamu akan membelinya secara online hanya di Misteraladin.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *